KOMPUTER

A. Pengenalan
Komputer adalah Suatu sistem yang digunakan untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input yang menghasilkan output dibawah penguasaan suatu langkah – langkah intruksi program yang tersimpan di memori.

Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini terbagi dalam kategori sbb :
a. Hardware
b. Software
c. Brainware


B. Komponen Komputer

a. Hardware
Dalam sebuah sistem komputer Hardware didefinisikan sebagai Komponen -komponen komputer yang dapat dilihat dan ditangkap dengan indera peraba kita. Sejumlah perangkat keras merupakan komponen pokok yang harus ada di sebuah komputer, sedangkan komponen-komponen yang lainnya adalah komponen pendukung untuk menambah fungsi komputer.

Komponen – komponen Hardware :
- Monitor
- Keyboard
- Mouse
- Motherboard
- Loudspeakers dan Headphone
- Printer

b. Sofware
Software didefinisikan sebagai perangkat didalam komputer yang tidak dapat dijamah secara fisik dan hanya dapat dimanfaatkan dengan bantuan sebuah alat, yaitu kumpulan perangkat keras komputer. Secara kompleks, software merupakan kumpulan perintah – perintah yang tersimpan didalam perangkat keras, khususmya media penyimpanan. Yang tersusun secara terstruktur dan menjadi panduan bagi komputer untuk melakukan proses pengolahan data
Komponen – komponen software :
- Sistem operasi
- Utility program
- Programming language
- Application program

c. Brainware
Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan. Brainware adalah manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer disebut (Brainware) Secanggih apapun komputer tanpa brainware, komputer itu tidak akan berarti.
Komponen – komponen Brainware :
- System analyst
- Programmer
- Administrator
- Operator

C. Fungsi Perangkat Komputer

a. Hardware

Monitor
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara fisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.

Keyboard
Keyboard adalah alat untuk menuliskan perintah melalui aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh Central.

Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. seorang pengguna dapat menjalankan perintah tertentu pada program komputernya. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

Motherboard
Sebuah Motherboard (Mainboard, logic board atau system board) adalah papan sirkuit utama atau papan sirkuit pusat untuk membentuk suatu sistem elektronik yang komplek seperti komputer. Sebuah motherboard PC memiliki sejumlah slot dan soket untuk meletakkan sejumlah komponen perangkat keras lainnya seperti :
- Cpu (Central Processing Unit)
- RAM (Random Access Memory )
- BIOS (Basic input Output System)
- Sejumlah Bus seperti : PCI bus, AGP bus, ISA bus, dan USB
- Dll

Power Suplay
Power supllay merupakan suatu alat yang berguna sebagai penyuplai arus ke pada komponen-komponen yang terdapat pada komputer.seringkali para pengguna komputer meremehkan peralatan yang satu ini, dimana kebanyakan pengguna hanya menggunakan power suplay yang asal asalan saja sehingga hal ini aan berakibat fatal kepada kebanyakan peralatan komputer. dimana suplay daya yang kurang baik akan menyebapkan keruskan kepada perangkat elektronik komputer.

Loudspeaker dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

Flashdisk
Flash disk merupakan teknologi baru yang berfungsi untuk penyimpanan data pada komputer. Dengan kapasitas penyimpanan yang beragam dan relatif cukup besar (64 Mb, 128 Mb, 256Mb, 1 Gb, dan seterusnya), media penyimpanan flash disk/flash drive sangat mudah dan sederhana untuk digunakan. Dengan hanya memiliki port USB pada unit system komputer, menggunakan flash disk tinggal colok dan cabut saja dari port tersebut.

b. Software

Sistem Operasi
Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengolah segala proses dan mengelola program-program didalam komputer.

Utility program
Merupakan Program yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja komputer seperti antivirus (Norton family, McAfee, Norman, dll), pembagi partisi (FDISK, Partition magic), Peringkas file (WinRAR, Winzip, dll).

Programming Language
Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk menghasilkan program aplikasi lainnya, terdapat dua macam Programming Software ;
- Low – Level Language : Bahasa biner, Bahasa assembly
- High – Level Language : C++, Java, Visual Basic, Pascal, dll


Application program
Merupakan program yang dipakai untuk keperluan sehari-hari seperti mengolah kata, mengolah angka, mengolah gambar (grafis), Chatting, dengar musik, nonton film, maen game, Bertukar informasi, dll.


c. Brainware

System Analyst
Bertanggung jawab dan Merencanakan sistem dari sebuah proyek pembangunan dari sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer.
Programmer
Membuat dan mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang.

Administrator
Mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem / jaringan komputer.

Operator
Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputerisasi yang sudah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar